DHANI TV SERVICE Temukan kami di TOKO PEDIA

Minggu, 25 Desember 2011

DIODA


Dioda biasa di singkat dengan huruf D adalah suatu komponen elektronika yang terbuat dari bahan semi konduktor. Dioda mempunyai dua elektroda: bahan positifnya di sebut Anoda dan bahan negatifnya disebut Katoda.
Dioda hanya dapat dialiri arus satu arah saja, sehingga banyak di pakai untuk aplikasi rangkaian Penyearah (Rectifier). 
Macam-macam type dioda: 
1. DUS
Terbuat dari bahan Silikon
Diantaranya : BA127, BAY61, BA211,BAX13,IN914,IN4148
2. DUG
Terbuat dari bahan Germanium
Diantaranya :OA85, OA91, AA116

Jenis Dioda:
1. Dioda germanium yaitu dioda yang terbuat dari bahan Germanium.
2. Dioda Silikon Yaitu dioda yang terbuat dari bahan silikon.
3. Dioda Silenium yaitu dioda yang terbuat dari bahan silenium.
4. Dioda Zener yaitu dioda yang terbuat dari bahan zener dan banyak digunakan dalam rangkaian Catu daya sebagai Stabilisator.
5. Dioda cahaya sering di sebut LED.
LED merupakan singkatan dari Ligt Emiting Diodayaitu dioda yang terbuat dari bahan Ga (Galium), As dan Fosfor yang dapat mengeluarkan cahaya. Led merupakan product temuan lain setelah dioda. Strukturnya juga sama dengan dioda, tetapi belakangan di temukan bahwa elektron yang menerjang sambungan anoda dan katoda juga melepaskan energy panas dan energy cahaya.
Pada dasarnya semua warna dapat dihasilkan, namun akan menjadi sangat mahal dan tidak effisien. Dalam memilih LED selain warna, perlu juga di perhatikan tegangan kerja, arus maksimum dan disipasi dayanya. bentuk dari LED bermacam-macam, ada yang bulat dan persegi.
Sifat dari LED yaitu ; ia akan mengemisi cahaya jika memperoleh tegangan panjar maju dan tidak tahan terhadap tegangan tinggi, kira-kira hanaya 1,5-20Volt.

Tidak ada komentar: